Kamis, 26 Mei 2011

PURA - PURA PACARAN episode 1

“ Dona, Pandi gue pulang duluan ya soalnya hari ini gue mau kemakam nyokap gue”
“Ya udah kalo gitu cepetan deh lw pergi” jawab Pandi.
“ Jadi ceritanya ngusir nie” candaku.
“ Hati – hati ya! Apa perlu gue kita temenin?” Tanya Dona.
“ Gak perlu. Gue cuma pengen sendiri aja ke sana. Kalo gitu gue pergi duluan ya” Aku pun pergi meninggalkan mereka.
            Hari ini tepat 8 tahun ibuku meninggal, dan hari ini aku ingin pergi kemakamnya. Tidak lupa sebelum aku pergi ke sana, aku mampir ke took bunga di pinggir jalan dekat dengan pemakaman umum tempat ibuku disemayamkan. Aku pun membeli serangkaian bunga kesukaan ibuku, mawar putih. Saat hendak masuk ke dalam mobil, tiba – tiba ada motor yang hamper menabrakku dan kontan bunga yang aku bawajatuh berantakan di jalan. Aku pun menangis memandangi bunga yang berjatuhan itu. Sungguh jahat orang yang menabrakku itu. Orang yang menabrakku pun turun dari motornya dan dating menghampiriku.
“ Loe gak apa – apa kan?” Tanya pemuda itu padaku. Aku hanya diam tanpa kata – kata sambil mencoba memunguti bunga yang jatuh berantakan itu.
“ Hei loe denger gue kan? Loe gak apa – apa?” Tanya pemuda itu lagi dan aku masih tidak mengeluarkan satu kata pun.
“ Udah gak usah nangis nanti biar gue ganti. Berapa sih harganya?” Tanya pemuda itu sambil mengeluarkan dompet dari saku celananya. Mendengar perkataan sombong pemuda itu, aku kontan marah. “ Ap kata loe?? Simpen aja duit loe itu gue gak butuh dan gue masih mampu kok buat beli setumpuk rangkaian bunga lagi”
“ Sorry. Terus apa yang bikin loe nangis kayak gitu?”
“ Suka- suka gue. Gue mau nangis kek ketawa kek apa urusannya sama loe”
“ Dasar cewek aneh” pemuda itu pergi meninggalkanku.
“ Dasar cowok idiot, gak punya mata” makiku kepada pemuda itu.
               Aku pun langsung merapikan bunga yang berserakan dijalan itu. Setidaknya masih ada beberapa tangkai yang masih utuh. Dengan perasaan setengah kesal aku pergi kepemakaman tempat ibu dikebumikan. Sampai disana aku langsung membersihkan makam ibu yang kotor dengan daun – daun kering dan meletakkan bunga yang aku bawa tepat di depan nisan ibuku. Lalu memanjatkan doa untuk mamaku.
“ Ma, lihat Putri sekarang udah gede, udah gak manja dan cengeng lagi. Putri inget banget waktu Putri masih TK dulu sering diejekin sama temen- temen Putri. Tapi mama selalu bilang kalo Putri harus jadi anak yang kuat dan gak boleh nangissetiap ada masalah dan harus berusaha untuk menyelesaikan masalah sendiri sesulit apa pun. Mama inget kan? Sejak saat itu Putri udah gak nangis lagi ma. Putri selalu doain mama disini. Ma, Putri pulang dulu ya takut Papa nyariin. Lain kali Putri dating lagi kok buat cerita sama mama” Mengingat kejadian beberapa tahun lalu membuatku tak tahan untuk tidak menangis. Kejadian yang begitu cepat dan merenggut nanya mama.
               Sampai di rumah ternyata mama Selvi telah menunggu dengan cemas. Mama Selvi adalah mama tiriku.
“ Kamu dari mana aja Put jam segini baru pulang?” tanyanya cemas.
“ Putri habis dari makam ma”
“ Lain kali kalo kamu kesana kamu bilang – bilang mama biar sekalian ikut. Ya udah sekarang kamu mandi, mam udah siapin makanan dari tadi”
“ Iya ma”
               Aku bergegas ke kamar dan mandi kemudian makan bersama mama Selvi. Dua tahun setelah mamaku tiada papa menikahi tante Selvi yang sekarang menjadi mamaku. Tante Selvi adalah teman mamaku dari kecil. Sejak kecil aku sudah menggapnya sebagai mamaku juga. Walaupun begitu dulu aku berpikir kalo mama tiri itu pasti jahat, maklum lah anak kecil korban nonton sinetron. Hehehe……. Oh iya Tante Selvi juga mempunyai seorang putra yang umurnya 2 tahun lebih tua dariku namanya kak Ferry. Kak Ferry itu orangnya baik banget tapi sayangnya dia tidak tinggal bersama kita disini. Dia tinggal di London karena dapat beasiswa. Hebat banget kan? Walaupun kita berdua jarang ketemu, tapi kita kita sering telpon –telponan dan saling kirim email.
               Selesai makan aku bergegas kekamr untuk tidur siang karena tidak ada PR sama sekali. Wajar saja, hari ini kan hari pertama masuk sekolah jadi guru- guru belum masuk kelas untuk memulai pelajaran karena jadwalnya belum ada. Untungnya aku, Dona dan Pandi sekelas lagi. Tidak terasa sekarang sudah kelas 2 SMA padahal kemarin rasanya baru aja MOS. Kalau diinat-ingat lagi lucu banget deh. Pasti kalian semua sudah pada ngerasain gimana rasanya MOS kan? Pasti tidak enak banget kan? Yang disuruh bawa ini itu lah pokoknya nyebelin banget deh.
“ Btw, gue jadi inget kejadian tadi pas pulang sekolah. Sekolah dimana sih tuh anak? Belagu , angkuh, sombong mending cakep tampang pas – pasan aja. Eh….tapi kalo dipikir- piker sih emang ganteng. Hehehe…… liat aja nanti kalo ampe ketemu lagi bakal gu jadiin keset”
               Lama – lama aku pun tertidur dengan sendirinya, rasanya nyenyak sekali kira – kira aku tidur selama 2 jam . Bangun tidur aku langsung mandi dan turun kelantai bawah. Ternyata papa sudah menunggu untuk makan malam. Kami selalu menghabiskan mwaktu malam untuk berkumpul bersama mulai dari makan malam, nonton tv sampai diskusi dan bercanda ria di balkon. Begini lah keluargaku. Papaku bekerja dari pagi sampai sore. Jadi kita bias kumpul Cuma dimalam hari. Padahal papa bekerja di perusahaan keluarga tapi walaupun demikian papa tetap harus menaati peraturan yang ada. Masakan mama Selvi emang tidak kalah enak dengan masakan direstoran dan tidak heran kami jarang sekali makan diluar. Beginilah kegiatan keluargaku setiap hari.


1 komentar: